PEDOMAN TEKNIS DAN STANDAR OPERASIONAL PELAYANAN INOVASI PELAYANAN PUBLIK KECAMATAN KEMBARAN
Pedoman Teknis dan SOP sangat penting sebagai standarisasi cara yang dilakukan pegawai dalam menyelesaikan pekerjaan khusus, mengurangi kesalahan dan kelalaian. SOP membantu staf menjadi lebih mandiri dan tidak tergantung pada intervensi manajemen, sehingga akan mengurangi keterlibatan pimpinan dalam pelaksanaan proses sehari-hari.
Untuk memberikan pelayanan prima diberbagai bidang pemeirntahan dan pembangunan maka Kecamatan Kembaran sangat berkomitmen dalam melakukan berbagai inovasi pelayanan publik, yang diharapkan dapat meningkatkan nilai Indeks Kepuasan Masyarakat Kecamatan Kembaran.
Inovasi dimaksud sangat penting untuk menyikapi tuntutan pelayanan kepada masyarakat. Pemerintah Daerah juga didorong untuk membudayakan semangat one agency one innovation (satu instansi satu inovasi). Selain itu, pelayanan publik yang berkualitas juga menjadi salah satu agenda reformasi birokrasi.
Berikut ini Inovasi Pelayanan Publik Kecamatan Kembaran yang sudah dilaksanakan dan Pedoman Teknis serta SOP Inovasi.
1. LISA GADIS KEMBAR Literasi untuk Kesejahteraan Warga Desa di Wilayah Kecamatan Kembaran)
Mengenalkan terhadap permasalahan yang ada di literasi media mulai dari soal kemampuan akses, analisis, evaluasi, dan produksi hingga pembuatan berbagai macam platform media di Kecamatan Kembaran yang akan digunakan untuk mendukung potensi dan kinerja desa yang mengarah pada terbangunnya market place
Link Pedoman Teknis dan SOP Klik Disini Pedoman Teknis dan SOP Lisa Gadis Kembar
2. KERAK TELOR (Kecamatan Ramah Anak Terintegrasi Layanan Outdoor)
Pemenuhan hak-hak anak dengan memuliakan mereka dalam kepemilikan identitas sebagai WNI melalui Kartu Identitas Anak dan peningkatan literasi bagi anak, penyandang disabilitas, warga masyarakat serta penyediaan fasilitas layanan outdoor yang nyaman. Pengembangan Inovasi ini adalah dengan JUJUG DOLANAN (Jujug/Menganntarkan Dokumen Layanan) dan JEMPOL (Jemput bola pembuatan Kartu Identitas Anak)
Link Pedoman Teknis dan SOP Klik Disini Pedoman Teknis dan SOP Kerak Telor
3. LAKON GAMAN KEMBAR (Layanan Konsultasi Bagi Warga Isolasi Mandiri diwilayah Kecamatan Kembaran)
Penyediaan layanan konsultasi kesehatan gratis bagi warga masyarakat Kecamatan Kembaran dengan melibatkan dokter yang berkompeten
Link Pedoman Teknis dan SOP Klik Disini Pedoman Teknis dan SOP Lakon Gaman Kembar
4. WIS ORA KENCOT (Whatsapp Informasi Kependudukan Online Terpadu Kecamatan Kembaran)
Penyediaan WA Layanan Gratis dan Nonstop bagi warga yang tidak berkemampuan dari segi fasilitas dan teknologi
Link Pedoman Teknis dan SOP Klik Disini Pedoman Teknis dan SOP Wis Ora Kencot
5. MASUK PAK EKO (Mengubah Sampah Untuk Kesehatan dan Penghematan Anggaran Keluarga dengan Eco-Enzym)
Upaya mengubah sampah organik yang menghasilkan obat herbal, kosmetik dan kebutuhan rumah tangga lainnya seperti sabun mandi dan sabun cuci sehingga bisa menghemat pengeluaran rumah tangga.
Link Pedoman Teknis dan SOP Klik Disini Pedoman Teknis dan SOP Masuk Pak Eko
6. KEMPLING (Kembaran Peduli Stunting)
Inovasi Pencegahan dan Penanganan Stunting dengan melibatkan stakeholders dari semua instansi / lembaga dan warga masyarakat dan menggerakan Pemerintah Desa serta Lembaga Kemasyarakatan Desa dengan pendataan, pendampingan, pemberian PMT Stunting dan penggalangan CSR peduli stunting guna pelaksanaan 5 pilar stunting dalam berbagai bentuk kegiatan
Link Pedoman Teknis dan SOP Klik Disini Pedoman Teknis dan SOP Kempling