KECAMATAN TANGGUH BENCANA

KECAMATAN TANGGUH BENCANA

Kecamatan Tangguh Bencana adalah program yang melibatkan semua pihak terkait dalam upaya penanggulangan bencana di tingkat kecamatan. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan respons masyarakat dalam menghadapi bencana.

Beberapa hal yang dilakukan dalam program Kecamatan Tangguh Bencana, di antaranya:

  1. Mengoptimalkan peran camat sebagai penghubung antara pemerintah daerah dan masyarakat
  2. Menyampaikan informasi kebencanaan secara cepat dan akurat
  3. Mengoptimalkan peran Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan
  4. Menyusun Rencana Kerja Kolaboratif yang berisi target capaian dalam pemenuhan SPM Sub di tingkat kecamatan

Dalam rangka mendukung program Kecamatan Tangguh Bencana, Kementerian Dalam Negeri telah menyiapkan gerakan KENCANA. Gerakan KENCANA ini bertujuan untuk mempercepat capaian SPM Sub-Urusan Bencana.

 Hari ini Tanggal 13 Oktober 2024, bertepatan dengan Hari Pengurangan Resiko Bencana Internasional, dengan harapan Gerakan Kecamatan Tangguh Bencana mampu membuat kita siap siaga dalam menghadapi bencana apapun

 Memerangi ketidaksetaraan untuk masa depan yang tangguh, Hari Internasional untuk Pengurangan Risiko Bencana tahun ini membahas hubungan antara bencana dan ketidaksetaraan. Bencana dan ketidaksetaraan adalah dua sisi dari satu mata uang. Setiap kesulitan memperkuat kesulitan lainnya: akses yang tidak setara terhadap layanan membuat mereka yang paling rentan terpapar bahaya bencana; sementara dampak bencana memperburuk ketidaksetaraan dan mendorong mereka yang paling berisiko lebih jauh ke dalam kemiskinan.

 Karena sebagian besar negara yang berisiko tinggi mengalami bencana juga merupakan negara dengan jumlah penduduk yang hidup di bawah garis kemiskinan nasional, maka Kantor PBB untuk Pengurangan Risiko Bencana (UNDRR) mendorong masyarakat untuk mengambil tindakan guna memutus siklus bencana dan meningkatnya ketidaksetaraan.

 Untuk memobilisasi tindakan, badan PBB ini meningkatkan kesadaran akan ketidaksetaraan yang brutal akibat bencana. Hal ini menyerukan untuk memerangi ketidaksetaraan demi masa depan yang tangguh, yang merupakan tema peringatan tahun 2024.

 Tema hari ini sejalan dengan Kerangka Kerja Sendai, sebuah perjanjian internasional untuk mencegah dan mengurangi kerugian dalam kehidupan, mata pencaharian, ekonomi, dan infrastruktur dasar. Perjanjian ini memiliki tujuh target global dan 38 indikator untuk mengukur kemajuan dan melengkapi Perjanjian Paris tentang perubahan iklim, dengan kedua kerangka kerja yang saling terkait untuk mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

 Peringatan ini berlangsung tak lama setelah Tinjauan Jangka Menengah Kerangka Kerja Sendai untuk Pengurangan Risiko Bencana 2015-2030, di mana Majelis Umum PBB pada bulan Mei 2023 mengadopsi sebuah deklarasi politik untuk mempercepat tindakan untuk memperkuat ketahanan bencana.

 

Related Posts

Komentar